MUDZAKKIR ALI DJAMIL : Pendapatan Daerah Jangan Jadi Alasan

SULSEL – MUNCULNYA pabrik minuman keras (miras) di Kota Makassar, terus mengundang kontra dari masyarakat. Anggota dewan pun pernah melakukan peninjauan dan membahasnya. Pemkot juga pernah menyatakan akan melakukan penutupan. Namun, hingga sekarang persoalannya belum juga usai.
Akibatnya, masyarakat pun bergerak. Massa dari Front Pembela Islam (FPI) Kota Makassar melakukan razia ke pabrik miras itu. Bahkan kemarin, FPI mendatangi gedung DPRD Kota Makassar guna menolak keberadaan miras itu.
Terkait polemik ini, Harian Rakyat Sulsel melakukan wawancara dengan anggota DPRD Kota Makassar dari Fraksi PKS, Mudzakkir L Djamil. Berikut petikannya.
+ Bagaimana pendapat Anda terkait keberadaan pabrik miras di Makassar?
- Saya secara pribadi dan partai mendesak supaya tidak boleh ada pabrik miras di Kota Makassar. Melihat kondisi lokal Kota Makassar yang masih memegang dan menjunjung tinggi nilai keagamaan dan kearifan lokal, tentu saja hal ini sangat bertentangan dengan nilai yang dijunjung tinggi oleh masyarakat Makassar.
Secara aturan sosial kemasyarakatan, aturan agama dan norma adat kita juga sangat melarang konsumsi miras, karena miras itu efeknya jauh lebih besar dari manfaatnya.
+ Bagaimana seharusnya Pemerintah Kota Makassar menyikapi hal ini?
- Sikap Pemerintah Kota Makassar seharusnya bisa membuat kebijakan yang tidak membolehkan adanya pebrik miras di Kota Makassar. Jika masih ada yang memproduksi miras di Kota Makassar ini sangat merusak moral dan kearifan lokal yang dijunjung tinggi oleh masyarakat.
Pendapatan daerah dari produksi miras tidak bisa dijadikan alasan dibolehkannya beroperasi pabrik miras di Kota Makassar karena pendapatan daerah dari sektor lain seperti pariwisata, pajak yang sifatnya dari DBB, BPHTB pajak, pajak hotel, pajak restoran jauh lebih besar pendapatannya dibandingkan retribusi yang dikeluarkan oleh pemerintah kota untuk merecaveri operasional pabrik miras.
Jauh lebih besar kita mengeluarkan ongkos pengeluaran untuk melakukan recaveri, rehabilitasi, baik dari segi sosial kemasyarakatan maupun dari segi anggaran. Dampak dari peredaran miras seperti perkelahian antarkelompok, gesekan sosial di masyarakat  bahkan begitu banyak nyawa melayang disebabkan minuman keras,  kita harus lebih sayang nyawa kita daripada pendapatan yang didapatkan oleh produksi miras.
+ Apa pendapat Anda soal adanya ormas yang melakukan razia terhadap pabrik miras?
- Adanya aksi ormas yang melakukan razia terhadap pabrik miras, harus direspon oleh pemerintah. Kita juga harus melihat kenapa aksi seperti ini muncul, hal ini disebabkan karena kurangnya antisipasi yang dilakukan oleh pemerintah sejak dini sehingga masyarakat gerah melihat kondisi sosial yang merusak moral masyarakat disebabkan oleh penyebaran miras yang merajalela dan tidak terkontrol dengan baik.
Hal ini juga menjadi catatan buat pemerintah dan aparat, jika terjadi fenomena di masyarakat kemudian menimbulkan polemik harus segera diantisipasi sebelum ada yang melakukan aksi main hakim sendiri yang pada akhirnya bisa saja menimbulkan korban.
Pemerintah harus sigap dan responsif terhadap permasalahan-permasalahan seperti ini, jangan menunggu nanti sudah terjadi konflik baru mau turun tangan. (RS10/D)

sumber : http://rakyatsulsel.com/mudzakkir-l-djamil-anggota-dprd-kota-makassar.html
Share on Google Plus

About daeng PKS

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar