Program Global Learning PKS di Maroko

Irwan, ST 
Ketua Bidang Kebijakan Publik DPW PKS Sulsel
melaporkan dari Maroko

TRIBUN-TIMUR.COM-PADA Rabu, 29 Agustus 2012 pukul 10.00 Wita waktu setempat, peserta program Global Learning pengurus PKS tiba di Bandara Internasional  Mohammed V, Cassablanca, Maroko. Rombongan yang terdiri pengurus DPP PKS Wilda Sulawesi dan pengurus PKS Sulawesi Selatan ini disambut oleh pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia di Maroko. 

Para peserta program bertolak dari Jakarta selasa sore tanggal 28 Agustus 2012, setelah sebelumnya mendapatkan Arahan dan Orientasi program oleh Sekjen PKS Anis Matta sekaligus melepas rombongan peserta program secara resmi di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Jakarta. Setelah menempuh perjalanan melelahkan selama kurang lebih 26 jam, melalui transit Qatar dan Tunisia, peserta diberikan kesempatan untuk berisitirahat sebelum mengikuti rangkaian kegiatan selama kurang lebih sepuluh hari penuh.

Program Global Learning kali ini berbeda dengan program yang sama di tahun sebelumnya dimana negara yang menjadi sasaran program adalah negara-negara yang sedang menyelenggarakan Pemilu, seperti Thailand, Vietnam dan Mesir. Untuk saat ini panitia pelaksana merancang sasaran program di dua negara yang berbeda benua, yakni Maroko di Benua Afrika dan Turki di Benua Eropa. Ada dua alasan yang melatarbelakangi dipilihnya kedua negara tersebut sebagai sasaran program.

Pertama, partai pemenang Pemilu di Maroko dan Turki memiliki kedekatan ideologis dan kemiripan sistem dengan PKS di Indonesia. Partai Keadilan dan Pembangunan (Parti de la Justice et du Developpment) Maroko dan Partai Keadilan dan Pembangunan (Adelet ve Kalkinma Partisi) Turki adalah partai Islam moderat yang saat ini mewarnai pemerintahan di kedua negara tersebut dengan platform yang memiliki banyak kesamaan dengan PKS. Oleh karena itu para pengurus PKS khusunya unsur pimpinan melalui program Global Learning ini diharapkan dapat belajar dari kesuksesan kedua partai Islam tersebut sebagai persiapan pelaksanaan strategi Pemilu 2014.

Kedua, Maroko dan Turki adalah dua negara yang memiliki akar sejarah kebangkitan peradaban Islam di masa lampau. Seperti yang tertulis dalam lembaran sejarah dunia, Islam pertama kali memasuki wilayah Eropa melalui Maroko (Maghrib) dengan ditaklukkannya Spanyol oleh Thariq bin Ziyad tahun 711 dan menjadi cikal bakal berdirinya pusat perdaban dunia, Andalusia. Sementara perluasan Islam terbesar yang kedua adalah penaklukan pusat kekaisaran Byzantium, Konstantinopel, oleh Sultan Muhammad II (Muhammad Al-Fatih) tahun 1453, dan hingga kini tetap menjadi kota muslim dengan nama Istanbul, yang berada dalam wilayah tertorial Turki.


Dengan latar belakang tersebut, Program Global Learning PKS saat ini difokuskan pada dua kegiatan utama:


Fokus pertama,  pertemuan dan diskusi dengan para pengurus pusat Parti de la Justice et du Developpment, di Maroko dan pengurus pusat Adelet ve Kalkinma Partisi di Turki. Selain pertemuan dengan pengurus partai, juga diagendakan pertemuan dengan Menteri Sosial Maroko, Mrs. Bassima Alhquaoui, serta Duta Besar RI untuk Maroko, Bpk. Tosari Widjaya. Melalui fokus ini diharapkan lahir banchmarking strategi yang dapat diterapkan oleh PKS di Indonesia dari kedua partai Islam moderat tersebut, khusunya untuk PKS Sulawesi Selatan.


Fokus kedua, kunjungan situs dan tempat bersejarah yang menjadi saksi kebangkitan peradaban Islam dan penaklukan Eropa, seperti Selat Gibraltar, Selat Bosporus, Masjid Hassan II, Hagia Sophia dan Masjid Biru di Istanbul, dsb. Melalui kunjungan situs sejarah tersebut diharapakan peserta program dapat merasakan langsung atmosfir semangat juang dan bangkitnya optimisme kemenangan yang dapat ditularkan dalam berbagai strategi pemenangan pemilu PKS serta kepada seluruh kader-kadernya. Itulah dua kunci pemenangan Pemilu PKS tahun 2014, yaitu strategi yang tepat dan optimisme serta keyakinan yang tinggi.  (*) 

Share on Google Plus

About PeKaeS Makassar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar: