Kaderisasi PKS Sulsel: PKS Memang Berubah

Makassar- Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Makassar membekali pemahaman kadernya dengan pemahaman politik yang mantap. Olehnya itu, PKS mengadakan tatsqif dengan mengusung tema “Islam dan Politik” dan yang menjadi pemateri ketua bidang kaderisasi DPW PKS Sulsel, Muhammad Yusuf Khalid, Lc. Kegiatan itu berlangsung di ruang pola balaikota Makassar (15/11).

Salah satu tujuan diadakannya tatsqif ini supaya kader PKS memahami bahwa tidak ada masalah dengan masuknya partai dakwah ini ke ranah politik. Dulu kader PKS yang dikenal dengan kader tarbiyah tidak menyentuh ranah politik, bahkan anti politik. Mereka hanya bekerja dibidang agama, sosial dan pendidikan. Namun sekarang PKS bersama partai politik lainnya berebut kekuasaan lewat pertarungan politik, bahkan PKS sudah menempatkan kadernya di parlemen dan menjabat sebagai kepala daerah. Menurut Yusuf Khalid, tidak ada masalah dengan perubahan PKS, “Kita memang berubah, tapi berubah ke arah positif, tidak ada yang melanggar syariat.” Tegasnya di depan ratusan kader PKS."Islam itu agama yang universal, mencakup semua sendi kehidupan termasuk urusan politik." Lanjutnya

Yusuf Khalid juga menggambarkan beberapa perbedaan kader dakwah dahulu dengan kader dakwah sekarang, menurutnya memang banyak perbedaan tapi selama tidak melanggar nilai syariat itu tidak menjadi masalah, karena permasalahan fiqh itu bisa berubah, seperti imam Syafi'i yang mempunyai qaulun qadim (fatwa lama) dan qaulun jadid (Fatwa baru). “Yang tidak boleh berubah adalah amalan ibadah kita, tilawah dan tahajjud bertambah. Bukan berarti dengan memasuki ranah politik, tilawah dan tahajjud kader juga berkurang, malah harus semakin diperkuat karena medannya jauh lebih berat.” Lanjutnya.

Yusuf Khalid didampingi anggota legislatif DPRD Kota Makassar, Mudzakkir Ali Djamil sebagai moderator. Kegiatan itu dihadiri oleh kader PKS Rappocini, Makassar, Mamajang, Mariso, Tamalate dan Mamajang.
Share on Google Plus

About ikhwan syaamil

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar