)l( TIGA (3) Hal yang dapat membinasakan kehidupan kita (bag.1)


oleh : Ust. Umar Qasim

1.MARAH.
2.SOMBONG.
3.DENDAM.

Marah
Rasulullah saw bersabda: Laa taghdab lakal jannah, artinya jangan marah maka bagimu syurga. 
Beliau saw juga mengingatkan kita bahwa sifat marah disulut oleh syaitan, maka bila seseorang sedang marah maka segera sadar bahwa itu adalah pengaruh syaitan dan segera ta'awudz, mohon perlindungan Allah swt. Bila tetap bergejolak marah maka langkah berikut adalah berwudhu.oleh karena syaithan diciptakan dari unsur api maka air wudhu merupakan sarana efektif untuk meredam ganggua syaitahan. Bila cara ini juga belum mampan maka kemungkinan besar syaithan telah menguasai orang yang bersangkutan. Telah bercokol, maka langkah berikut adalah ruqyah dan bekam. Ada yang bertanya apa hubungan ruqyah maupun bekam kepada orang yang selalu marah bahkan kadang-kadang tidak ada sebab? mungkin juga urusan sepele?orang yang bawaannya marah pasti tekanan darahnya tinggi itulah pentingya bekam supaya darahnya menjadi stabil. Kenapa perlu ruqyah? supaya jin/syaitan dalam tubuh orang tersebut terganggu dengan ayat-ayat alquran sehingga segera keluar dari tubuh manusia.

SOMBONG
Merupakan sifat yang tercela.karena yang berhak sombong hanyalah Allah swt, karena Dia zat yang maha sempurnah. Sedangkan manusia dengan segala kelemahan dan kekurangan tidak layak untuk sombong apapun alasannya. Makhluk yang pertama kali menyombongkan diri di hadapan Allah swt adalah iblis laknatullah, Allah abadikan cerita ini dalam alquran surah albaqarah ayat 34"waidz qulnalil malaaikatisjuduu li aadama fasajaduu illa iblis... Alasan kenapa tidak sujud sebagai penghormatan kepada adam,iblis berkata; ana khairu minhu, khalqtani minnari wakhalaqtahu min tien.qs 7:12. "Saya lebih baik dari Adam, karena Engkau menciptakan saya dari api,sedangkan Adam diciptakan dari tanah.dari sini dapat dilihat bahwa ada 2 alasan kesombongan iblis yakni menolak kebenaran dan memandang kepada manusia. Akibatnya iblis diusir dari syurga. Dengan demikian syurga bukan tempatnya orang sombong.

***bersambung***

Share on Google Plus

About PeKaeS Makassar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar