Mudzakkir: Pedagang Keliling Sebaiknya Dilokalisasi

MAKASSAR –Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Makassar, meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar melakukan langkahtaktis dengan melokalisasi atau memusatkan para pedagang keliling yang menggunakan mobil bak terbuka maupun truk yang menjamur di Makassar.

Anggota Komisi C DPRD KotaMakassar, Mudzakkir Ali Djamil. mengatakan, pemerintah harus menyiapkan beberapa titik pemusatan untuk mengumpulkan pedagang-pedagang sejenis. Sebab baginya dengan adanya pemusatan, akan sangat membantu dalam melakukan penataan pedagang.

Sebab papa pedagang yang rata-rata berdagang buah ini. Berjualan tidak beraturan dengan menggunakan trotoar bahkan badan jalan.

“Waktu penjualannyapun harus dibatasi hanya pada malam hari dan tidak menetap,” katanya, Senin siang, (18/2).

Diamencontohkan, pedagang yang sering beroperasi di kawasan Pettarani, bisa dilokalisir di kawasan Jalan Nikel. Jalan tersebut gampang diakses, masih memiliki banyak tanah kosong, dan bukan jalan poros utama kotasehingga tidak menggangu para pengguna jalan.

“Selamaini ada keluhan keberadaan pedagan tersebut menjadi pemandangan tidak rapi dan jadi biang kemacetan lalu lintas. Mudah-Mudahan dengan pemusatan itu, bisa teratasi. Karena di pemusatan itu jugabisa dilakukan pengawasan baik kerapian maupun kebersihanlingkungan,” ungkap ketua Fraksi PKS ini.

Selain keteraturan, langkah ini juga bisadijadikan sebagai wisata kuliner baru di Makassar.

Tidak saja di Pettarani, Pedagang keliling yang menggunakan mobil bak terbuka juga dapat dijumpai di Jalan Perintis Kemerdekaan, yang menempati bahu jalan di sekitar pusat perbelanjaan MTos. Umumnya mereka menjual boneka dan baju.

Sedangkan di Jalan Boulevard samping Ramayanaumumnya menjual makanan seperti nasi kuning, gado- gado,dan tahu.

Bukan hanya itu,di Jalan Perintis sekitar RSUD Daya dan Jalan Pettarani depan Masjid HM Asik banyak truk yang menjual material bangunan seperti batu bata dan batako

Share on Google Plus

About daeng PKS

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar