PKS Usul Dibentuk Forum Partai Islam Sedunia




JAKARTA - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengadakan konsolidasi pengurus dan kader perwakilan PKS sedunia. Kegiatan itu digelar di atas kapal di Selat Bosphorus, Turki.
Acara dilaksanakan dalam perjalanan menyusuri Bosphorus selama sekitar tiga jam. Ini merupakan konsolidasi jaringan internasional pertama sejak PKS berdiri.

Dalam pertemuan DPP PKS dengan perwakilan luar negeri yang digelar Sabtu (27/4) juga dihadiri Dutabesar Indonesia untuk Turki Nahari Agustini. Lebih 200 pengurus perwakilan dan kader menghadiri konsolidasi.
Agenda utama konsolidasi berupa orasi politik Presiden PKS, Anis Matta. Dalam orasinya Anis meminta seluruh komponen PKS mempertegas program kerjanya yakni menjalankan misi kemanusiaan global.
Mantan wakil ketua DPR itu menyatakan PKS tidak berorientasi politik kekuasaan semata. “Kerja kita beyond politics, menjalankan misi kemanusiaan, membangun peradaban global,” ujar Anis dalam keterangan pers yang diterima JPNN, Minggu (28/4)

Anis memotivasi agar semua komponen partai bernomor pilih tiga tersebut tidak mengecilkan kemampuan diri sendiri. Dikatakannya, jumlah penganut Islam sekarang berada di papan atas dunia dan mengalami perkembangan pesat di seluruh pelosok negeri, termasuk di Amerika Serikat dan Eropa.
Sementara Indonesia tercatat sebagai salah satu negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia.
“Karenanya, jangan pernah mempersepsikan diri kita kecil. Inilah salah satu kelemahan mendasar Indonesia. Qatar, misalnya, cuma berpenduduk sekitar 1,4 juta jiwa, tetapi mampu melakukan kerja-kerja besar dalam skala global,” ucap Anis.

Menurut pria kelahiran Bone, Sulawesi Selatan itu, sepatutnya Indonesia ke depan harus menjalankan fungsi sebagai “big brother” bagi seluruh bangsa di dunia. Indonesia dengan potensi luar biasa seharusnya menjalankan peran berskala global.
Dia menambahkan, terdapat tiga pekerjaan rumah global yang perlu dijalankan Indonesia secara umum dan PKS khususnya, yakni memperjuangkan demokrasi, perdamaian dan keadilan, serta mewujudkan kesejahteraan global.

Anis mencontohkan penyelesaian masalah ketahanan energi dan pangan dunia. Hal itu merupakan masalah dunia yang wajib diselesaikan masyarakat dunia secara bersama. “Ini pula persoalan yang menghimpit umat Islam global,” tuturnya.

Atas ruang lingkup persoalan tersebut, Anis menyatakan, PKS yang dijadwalkan bertemu dengan Pengurus Pusat AK Party (Adalet ve Kalkinkma Partisi) pada hari Selasa (30/4), akan mengusulkan pembentukan forum partai-partai Islam sedunia. AK Party merupakan partai Islam yang kini berkuasa di Turki
“Mudah-mudahan, forum bersama dapat dikukuhkan dalam waktu dekat. Kita harus melawan penilaian bahwa partai-partai Islam tidak mampu memimpin dan bekerja untuk misi-misi skala nasional (di negara masing-masing) hingga internasional,” terang Anis yang disamput pekik takbir peserta konsolidasi.
Untuk keperluan itu mantan Presiden PKS yang kini Ketua Fraksi PKS, Hidayat Nur Wahid akan bergabung dengan rombongan yang sudah berada di Istanbul sejak 24 April.

Sementara itu, Dubes Nahari Agustini mengucapkan selamat atas terselenggaranya agenda konsolidasi Perwakilan PKS seluruh dunia di Istanbul. (www.peristiwa.co)

Share on Google Plus

About PeKaeS Makassar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar