Tamsil-Das'ad : Kebijakan Kenaikan BBM Tidak Tepat




Makassar (16/6) - Menjelang rapat paripurna penetapan kenaikan harga BBM, kandidat walikota dan wakil walikota Makassar, Tamsil-Das'ad, menyatakan penolakannya terhadap rencana kenaikan tersebut yang senada dengan sikap partai pengusungnya, PKS dan Hanura. Hal ini diungkap oleh kedua juru bicara tim pemenangan Tamsil-Das'ad, Irwan, ST. dan E. Z. Muttaqien Yunus saat dimintai keterangan di kantor DPD PKS Makassar (16/6).

Menurut Irwan dan Muttaqien, setidaknya ada dua alasan yang menyebabkan Tamsil-Das'ad menolak kenaikan harga BBM. Alasan pertama terkait masalah amburadulnya kebijakan energi pemerintah selama ini. Dan alasan kedua, tidak tepatnya timing penetapan kenaikan harga BBM.

"Mengurangi subsidi BBM yang menyebabkan kenaikan harga BBM hanyalah obat cespleng dari amburadulnya kebijakan energi pemerintah. Jika harga BBM naik sekarang, persoalan yang sama akan terjadi di masa yang akan datang, oleh karena pemerintah tidak menjalankan kebijakan energi yang konprehensif," kritis Irwan, ST.

E. Z. Muttaqien Yunus menambahkan bahwa kenaikan BBM saat ini otomatis akan memicu kenaikan semua harga kebutuhan pokok, karena timing kenaikan BBM mendekati bulan Ramadhan, lebaran, dan tahun ajaran baru. Hal itu hanya akan menambah kuatnya beban ekonomi rumah tangga.

"Kenaikan BBM akan semakin menambah jumlah rakyat miskin. Rencana menaikkan harga BBM bersubsidi akan dihadapkan pada risiko inflasi yang tinggi pada Juni, Juli, dan Agustus karena merupakan bulan liburan sekolah dan tahun ajaran baru, sekaligus memasuki bulan Ramadhan dan persiapan Idul Fitri," ungkap Muttaqien.

Tamsil-Das'ad berpendapat bahwa rencana kenaikan harga BBM yang akan dilakukan pemerintah menimbulkan tanda tanya besar, sebab tidak ada fluktuasi harga minyak dunia. Lewat kedua juru bicaranya, Tamsil-Das'ad juga menuturkan solusi untuk mengantisipasi faktor internal yang bisa memicu kenaikan harga BBM.

"Masalah energi adalah bom waktu. Cepat atau lambat krisis energi dari bahan fosil akan kita alami. Oleh karena itu, salah satu program dari "100 gagasan membenahi Makassar" Tamsil-Das'ad adalah kerjasama dengan lembaga pendidikan, khusunya di SMK. Tamsil-Das'ad akan mendorong bangkitnya inovasi teknologi di SMK untuk mengembangkan teknologi berbasis energi non fosil," jelas Irwan, ST.

Selain menawarkan solusi untuk mencegah kenaikan harga BBM, Tamsil Linrung dalam kapasitasnya sebagai legislatif Senayan juga telah melobi anggota-anggota DPR RI lainnya untuk menolak kenaikan harga BBM. "Saat ini sudah beberapa partai menyatakan menolak kenaikan harga BBM," pungkas Muttaqien.
Share on Google Plus

About PeKaeS Makassar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar