Tamsil-Das'ad Mempersiapkan Makassar Menjadi Healthy City


Makassar (27/6) - Meningkatnya polusi udara dan amburadulnya tata ruang merupakan dampak dari perkembangan kota yang kian pesat. Berangkat dari hal itu, kandidat walikota dan wakil walikota Makassar, Tamsil-Das'ad, menggagas beberapa program untuk mempersiapkan Makassar menjadi healthy city.

Menurut juru bicara tim pemenangan Tamsil-Das'ad, E. Z. Muttaqien Yunus, dalam melakukan perencanaan kota dibutuhkan pendekatan konsep perencanaan yang berkelanjutan dan berbasis lingkungan. "Kita menginginkan adanya keseimbangan antara pembangunan kota dengan kelestarian lingkungan sehingga terwujud Makassar healthy city, karenanya kami menggagas beberapa program untuk mendukung hal itu," ujar pria yang akrab disapa Aking itu.

Lebih lanjut dia menjelaskan tentang program andalan kandidatnya untuk mewujudkan Makassar healthy city. "Pertama, kami akan serius menangani masalah sampah dengan mengubahnya menjadi sesuatu yang bernilai bagi masyarakat. Kita akan olah sampah menjadi energi yang bisa meningkatkan kesejahteraan rakyat. Dan bagi kelurahan yang wilayahnya bersih akan mendapatkan award," jelasnya.

Selain mengatasi sampah, Tamsil-Das'ad juga menggagas program untuk membenahi jalur pedestrian dan program one house one tree. "Kami akan mengupayakan jalur pedestrian yang luas dan rindang, sehingga siapapun bisa nyaman berjalan kaki. Ada juga program one house one tree dengan pembagian bibit pohon ke setiap rumah untuk memperbanyak ruang terbuka hijau privat (RTH)," tambahnya.

RTH Makassar saat ini hanya sekitar 7%, sedangkan UU mensyaratkan RTH minimal 30%. Tamsil-Das'ad juga akan mengupayakan RTH publik dengan pembenahan taman-taman kota. "Diharapkan dengan 100 gagasan benahi Makassar yang akan kami ajukan kepada masyarakat nantinya Makassar akan menjadi healthy city," pungkas magister manajemen perkotaan Universitas Hasanuddin itu.

Share on Google Plus

About PeKaeS Makassar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar