Tamsil Jamin Makassar Bebas Sampah

Persoalan sampah menjadi masalah yang cukup serius dalam satu dasawarsa terakhir di Kota Makassar. Sampah menjadi salah satu penyebab utama sehingga Kota Makassar gagal meraih Piala Adipura selama ini. Terkait itu, bakal calon Walikota Makassar usungan PKS dan Hanura, Tamsil Linrung, bertekad akan menjadikan Kota Makassar bebas sampah apabila terpilih dalam pilwali yang akan digelar 18 September 2013 mendatang. "Sampah harus menjadi perhatian serius kita semua. 

Apabila terpilih dalam pilwali nanti, kami bertekad untuk menjadikan Kota Makassar bebas sampah. Makassar akan menjadi kota terbersih di tanah air," ujar Tamsil Linrung, Selasa (18/6) malam tadi.
Wakil Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI ini, menjelaskan, persoalan sampah sebenarnya bukan persoalan yang sulit. Cukup sederhana. Bukan persoalan yang tidak bisa diatasi. "Persoalan sampah memang menjadi salah satu masalah utama di kota ini. 

Kita tidak bisa membiarkan masalah ini berlarut-larut. Harus ada upaya serius untuk mengatasinya," katanya. Pasangan Das'ad Latif ini, mengaku, pihaknya sudah menyiapkan program khusus yang bisa mengatasi masalah persampahan ini. "Ke depan, sampah tidak sekadar sebagai sebuah persoalan kota.

Tapi sampah akan kita ubah menjadi sesuatu yang bernilai bagi masyarakat. Kita akan olah sampah menjadi energi yang bisa meningkatkan kesejahteraan rakyat," kata Tamsil Linrung. Mantan aktivis ini mengaku, dirinya sangat tidak setuju jika Kota Makassar dikatakan sangat sulit untuk bersih. "Siapa bilang Kota Makassar sulit dibersihkan. Tinggal bagaimana caranya kita mengelola," katanya. Untuk mengatasi masalah sampah ini, menurut Tamsil, salah cara yang bisa dilakukan adalah memilah sampah berdasarkan jenisnya, mulai dari rumah tangga. "Lebih dari itu, kita perlu melakukan sosialisasi dan penyadaran kepada masyarakat," katanya.

Kemudian, lanjut Tamsil, perlu disediakan fasilitas penampung sampah sesuai dengan jenisnya per RT. "Bagi kelurahan yang wilayahnya bersih akan mendapatkan award," katanya. Pada bagian dari keterangannya, Tamsil menjelaskan, pihaknya juga akan memerhatikan kesejahteraan penyapu jalan, petugas kebersihan dengan memberikan tunjangan khusus.
Share on Google Plus

About PeKaeS Makassar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar