Dana Makassar Berdaya Murni Dikelola Rakyat

Makassar (15/7) - Program Makassar Berdaya yang digagas Tamsil Linrung telah ia jalankan sejak tahun 2008 dan telah memperbaiki nasib sebanyak 1000 KK miskin di Bone, Soppeng, Wajo, Bulukumba, Sinjai, Maros, Pangkep, Barru, Pare-Pare, dan Makassar. Anwar, Direktur Tali Foundation (lembaga kemanusiaan milik Tamsil Linrung), menerangkan tentang kemudahan sistem pengelolaan program Makassar Berdaya.

Dalam keterangannya, Anwar menuturkan bahwa program Makassar Berdaya adalah program berbasis kelompok. "Setiap KK akan memperoleh bantuan usaha sebesar 10 juta. Pelaksanaannya berbasis kelompok, 20 KK per kelompok. Jadi akan terkumpul 200 juta di setiap kelompok usaha," jelas Anwar.

Mekanisme terbentuknya kelompok usaha tersebut bisa dengan beberapa cara, syaratnya hanya dengan menyetorkan foto copy kartu keluarga. "Bagi warga yang ingin memperoleh dana Makassar Berdaya bisa mencari anggota hingga 20 KK di TPS yang sama, itu yang akan diklasterkan dalam satu kelompok usaha. Ada juga cara lain dengan mendaftarkan diri langsung di posko Makassar Berdaya atau sms ke 0811417504 dengan mencantumkan alamat yang jelas. Mereka yang tinggal dalam satu TPS akan dikelompokkan," sambungnya.

Lebih lanjut, direktur Tali Foundation ini mengungkapkan bahwa dana Makassar Berdaya akan murni dikelola oleh kelompok usaha dan tidak akan dikembalikan ke negara. "Dana ini bukan untuk habis dikonsumsi, tapi untuk usaha dan dikembalikan kepada kelompok yang terbentuk, tidak dikembalikan ke negara karena pada nomenklatur APBD tidak mengenal sistem pengembalian jika sudah digunakan. Dana permodalan ini hanya akan berputar di kelompok usaha," jelasnya.

Kunci utama kesuksesan program Makassar Berdaya ada pada manajemen kelompok. Bagaimana masyarakat mengelola dana itu secara bersama. "Kita hanya memberikan dana. Soal penggunaan dan pengembalian dananya itu urusan mereka. Setiap kelompok diberi waktu 4 tahun untuk bisa mengumpulkan kembali dana yang mereka ambil. Berapapun besar yang mereka dapat cicilkan itu tidak masalah, misalnya 100 atau 300 ribu per bulan. Yang jelas dananya bisa mereka kumpulkan kembali dalam waktu 4 tahun," sebutnya.

Selain mengajarkan makna kemandirian dan kerja sama, program Makassar Berdaya juga mengajarkan makna kepemimpinan. Ketua kelompok yang bisa memimpin kelompoknya dengan baik untuk membayar kewajiban pengembalian dana akan diberi reward sebesar 300 ribu per bulan.
Share on Google Plus

About PeKaeS Makassar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar