Tamsil-Das'ad Canangkan Solusi untuk Mencegah Tawuran

Makassar (21/7) - Tidak jarang kita mendengar adanya kasus tawuran, bentrok, ataupun demonstrasi anarkis oleh para pemuda di Makassar. Duet tokoh nasional dan akademisi, Tamsil-Das'ad, menilai bahwa ada 3 kondisi yang memicu terjadinya hal tersebut selama ini. Melalui juru bicaranya, Irwan ST., Tamsil-Das'ad menawarkan solusi untuk mengatasi masalah yang sering meresahkan masyarakat itu.

"Tawuran dan demonstrasi brutal adalah wujud militansi para pemuda yang salah tempat. Hal itu dipicu oleh banyaknya anak muda yang menganggur, minimnya ruang ekspresi bagi mereka dan hilangnya ruang dialog untuk menyalurkan aspirasi para pemuda," ungkap Irwan.

Untuk masalah pengangguran, Irwan menawarkan solusi dengan membuka lapangan pekerjaan bagi para kawula muda. "Kita perlu membuka lapangan kerja bagi anak-anak muda, utamanya lapangan kerja padat karya. Termasuk di dalamnya mendorong anak muda menjadi enterpreneur melalui pemberian modal usaha Makassar Berdaya," jelas legislator kota Makassar itu.

Perbanyakan ruang berekspresi dan kreatifitas bagi pemuda juga merupakan solusi yang digagas Tamsil-Das'ad. "Usia muda adalah masa-masa penuh ekspresi dan kreatifitas yang perlu disalurkan. Karenanya, Tamsil-Das'ad akan mendorong lembaga-lembaga seni dan hobi untuk menjadi lahan kreatifitas bagi anak-anak muda sehingga bakat mereka tersalurkan secara tepat," tambahnya.

Lebih lanjut, Irwan menerangkan bahwa pemerintah perlu untuk membuka ruang-ruang dialog dengan para pemuda sebagai media mendengarkan aspirasi mereka. "Jiwa anak-anak muda adalah jiwa kritis, berani, dan patriotik. Mereka butuh untuk didengarkan pendapatnya. Jika luapan pikiran-pikiran kritis mereka tidak punya media untuk disalurkan, maka mereka akan meledakkannya dalam bentuk tawuran. Walikota harus punya waktu untuk berdiskusi dengan mahasiswa, pelajar, dan pemuda lingkungan melalui forum dialog," pungkasnya.
Share on Google Plus

About PeKaeS Makassar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar