Tamsil-Das'ad Ingin Terapkan Konsep Pemilahan Sampah Sejak Dini dengan Sistem 3R

Makassar (22/7) - Saat ini, Makassar masih menghadapi masalah yang serius soal sampah. Produksi sampah di Makassar mencapai 550 ton per hari dengan sistem pengelolaan yang bertumpu pada pendekatan akhir di TPA (Tempat Pembuangan Akhir). Untuk mengatasi masalah itu, Tamsil-Das'ad menggalakkan ide menerapkan konsep pemilahan sampah sejak dini di setiap rumah tangga agar mudah dikelola dengan prinsip 3R (Reuse-Reduce-Recycle).

Menurut juru bicara Tamsil-Das'ad, E. Z. Muttaqien Yunus, selama ini pembuangan sampah hanya dipusatkan pada satu tempat tanpa dipisah dan diolah sehingga menyebabkan penumpukan. Jikapun ada pemisahan, itu tidak dilakukan secara maksimal, hanya sebatas pemisahan antara sampah basah dan kering tanpa pengolahan lebih lanjut.

"Ke depannya, kita menginginkan agar masyarakat memilah sampah dari rumah tangga. Kami akan memfasilitasi setiap KK dengan tempat sampah basah, plastik, dan kertas. Selanjutnya, sampah-sampah itu akan dikumpulkan dalam tempat sampah umum yang juga terpisah dan akan didaur ulang dengan prinsip 3R untuk menghasilkan barang yang bernilai ekonomis," terangnya.

Lebih lanjut, Muttaqien menjelaskan bahwa kandidatnya akan mengupayakan pengadaan insinerator yang digunakan untuk mengolah sampah yang tidak dapat didaur ulang lagi. "Pada proses akhir, limbah sisa daur ulang akan diinsinerasi atau dikelola dengan teknik pengabuan. Abu yang tersisa dari proses insinerasi itu nantinya masih bisa dimanfaatkan, sehingga lingkungan betul-betul terbebas dari sampah," tambahnya.

Pria yang akrab disapa Aking ini juga mengakui bahwa untuk mengajak masyarakat memilah sampah cukup sulit karena menyangkut kebiasaan, pemahaman, dan ketidakpedulian masyarakat. Oleh karena itu, pihaknya akan membarengi langkah tersebut dengan pelatihan konsep pemilahan dan pengolahan sampah berdasarkan prinsip 3R di pemukiman dan sekolah-sekolah.
Share on Google Plus

About PeKaeS Makassar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar