Tamsil-Das'ad: Revitalisasi Halte Penting untuk Mengatasi Kemacetan

Makassar (20/7) - Kemacetan yang menjadi momok bagi penduduk Makassar adalah satu dari sekelumit masalah yang ada di kota ini. Tidak dipungkiri bahwa penyebab utama terjadinya kemacetan karena membludaknya jumlah kendaraan yang turun ke jalan. Beragam solusi sudah diterapkan, mulai dari pelebaran jalan sampai pembangunan jembatan layang, tapi tetap saja belum mampu mengatasi masalah tersebut.

Tamsil-Das'ad menawarkan solusi atas permasalahan kemacetan dengan memungsikan kembali dan memperbanyak halte. Menurutnya, dengan penyediaan halte di seluruh penjuru Makassar akan menertibkan kendaraan umum untuk menaikkan dan menurunkan penumpang pada tempatnya.

"Salah satu penyebab macet karena angkot menaikkan dan menurunkan penumpang di sembarang tempat. Karenanya, kita perlu memungsikan kembali halte-halte yang ada dan memperluas pengadaannya ke seluruh penjuru Makassar agar tercipta keteraturan," ungkap Tamsil Linrung ketika memimpin pertemuan baru-baru ini.

Saat dimintai keterangan, juru bicara tim pemenangan Tamsil-Das'ad, E. Z. Muttaqien Yunus, memaparkan tentang model halte yang digagas oleh kandidatnya. "Kami menawarkan rancangan halte yang mempertimbangkan fungsi dan estetika agar menarik minat masyarakat menggunakan halte. Juga agar masyarakat tertarik menggunakan angkot sebagai alat transportasi utama sehari-hari sehingga penggunaan kendaraan pribadi dapat diminimalisir," jelasnya.

Lebih lanjut Muttaqien menerangkan bahwa halte tersebut dirancang agar pengguna terlindung dari terik matahari dan hujan. Halte juga terintegrasi dengan jalur pedestrian sehingga penumpang akan merasa nyaman jika harus berjalan dari rumah ke halte.

"Untuk memudahkan navigasi, maka disediakan peta Kota Makassar yang memuat lokasi titik-titik halte terbangun. Selain itu, juga dilengkapi dengan informasi trayek angkot yang akan transit di halte tersebut," tutur magister manajemen perkotaan Universitas Hasanuddin itu menambahkan.
Share on Google Plus

About PeKaeS Makassar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar