Usaha Songkolo Dg. Malia Semakin Maju Berkat Makassar Berdaya

Makassar - Program Makassar Berdaya yang dijanjikan pasangan Tamsil-Das'ad bukan isapan jempol belaka. Dg. Malia Bora menjadi saksi keseriusan seorang Tamsil Linrung dalam membantu usahanya. Ditemui tim media Tamsil-Das'ad di rumahnya, Dg. Malia menyambut dengan gembira.

Dikisahkan Dg. Malia, bahwa dia memulai usahanya menjual songkolo sejak 25 tahun yang lalu. Usaha yang dirintisnya hanya cukup untuk membiayai sekolah anaknya yang masih SD dan biaya makan sehari-hari. Songkolo itu dijual keliling karena belum mempunyai warung. "Sebelum berangkat sekolah, anak saya keliling menjual songkolo, hasil dari jualan itulah disisihkan untuk uang jajan mereka di sekolah," kenang Dg. Malia. "Kadang juga kami makan tanpa lauk, hanya nasi dan sayur," lanjutnya dengan mata berkaca. Kehidupan seperti itu mereka jalani selama 25 tahun.

Namun angin segar dirasakan Dg. Malia beserta keluarganya sejak 5 tahun yang lalu. Usahanya mendapat bantuan dari Makassar Berdaya yang digagas oleh Tamsil Linrung lewat Tali Berdaya. Politisi yang bertagline politik untuk kemanusiaan ini memberikan bantuan modal usaha sebesar 5 juta rupiah.

"Dulu sebelum dapat bantuan modal, kami hanya memasak untuk 3 Liter songkolo perhari. Setelah mendapat modal, setiap harinya kami memasak 30 liter," kata Dg. Malia. "Rumah ini juga bisa seperti ini hasil dari usaha setelah dapat dana bergulir itu," lanjutya. Rumah nenek dari 4 cucu ini terbilang bagus, luas, dan bersih.

Menurut pengakuan Dg. Malia bahwa dana bergulir tersebut dirasakan sangat bermanfaat dan pengembaliannya sangat ringan. "Pengembaliannya sangat ringan karena tidak dikenakan bunga sepeser pun," Dg. Malia menambahkan.

Menariknya, di rumah Dg. Malia terpajang foto keluarga Tamsil Linrung. Saat ditanya apa alasan memasang foto keluarga Tamsil, Hasnia, anak keempat pasangan Hasan dan Dg. Malia mengaku keluarganya sangat mencintai Tamsil Linrung. "Kami sekeluarga sangat mencintai Pak Tamsil, kami sangat merasakan jasanya, saudara saya bisa menyelesaikan sekolahnya semua berkat bantuan Pak Tamsil," ungkap Hasnia haru.

Usaha songkolo Dg. Malia yang bertempat di Pannara, Antang saat ini sudah dikenal oleh masyarakat. Usahanya semakin maju, saat ini selain menjual songkolo, Dg. Malia juga menjual sarabba, gorengan dan aneka jajanan kue. Dg. Malia juga mempekerjakan tetangga untuk membantu usahanya.
Share on Google Plus

About PeKaeS Makassar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar