Anis Matta Ajak Kader Mengenang Para Pahlawan






Tanjungpinang--Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Muhammad Anis Matta, berziarah ke Makam Raja Ali Haji dan Raja Haji Fisabilillah, Pulau Penyengat, Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau. Anis disertai jajaran DPP PKS, anggota DPR dan pengurus DPW PKS Kepri.

Rombongan Anis tiba di Masjid Raya Sultan Riau Penyengat sekitar pukul 12.30 WIB, dan disambut tokoh Zuriat kesultanan Riau Lingga di Pulau Penyengat Raja Abdul Rahman Jantan. Anis dan rombongan melaksanakan sholat dzuhur berjamaah dan dilanjutkan dengan ceramah umum dan berziarah kemakam Raja Ali haji Fisabilillah, berdoa di pelataran utama tempat peristirahatan terakhir Raja Ali Haji dan Raja Haji Fisabilillah.

Raja Haji Fisabililah atau dikenal juga sebagai Raja Haji marhum Teluk Ketapang adalah (Raja) Yang Dipertuan Muda Riau-Lingga-Johor-Pahang IV. Ia terkenal dalam melawan pemerintahan Belanda dan berhasil membangun pulau Biram Dewa di sungai Riau Lama. Karena keberaniannya, Raja Haji Fisabililah juga dijuluki (dipanggil) sebagai Pangeran Sutawijaya (Panembahan Senopati) di Jambi.

Ia gugur pada saat melakukan penyerangan pangkalan maritim Belanda di Teluk Ketapang (Melaka) pada tahun 1784. Jenazahnya dipindahkan dari makam di Melaka (Malaysia) ke Pulau Penyengat oleh Raja Ja'afar (putra mahkotanya pada saat memerintah sebagai Yang Dipertuan Muda).

Anis Matta mengatakan ziarah ke makam para pahlawan itu sebagai sebagai bentuk simbol refleksi perjuangan para pahlawan dan juga kewajiban mendoakan sesama yang telah meninggal.

"Ini merupakan momentum hari Pahlawan, mengenang jasa para pahlawan merupakan hal yang sangat positif. Sebagai warga negara yang baik hendaknya tidak melupakan sejarah dan para pahlawan, terutama mengingat banyaknya tokoh-tokoh hebat yang telah membangun Negeri ini. Dengan begitu kita bisa mengambil pembelajaran," tutur Anis Matta, Sabtu (9/11/2013).

Anis Matta berharap, dengan berziarah ke makam para pahlawan terdahulu itu akan menjadi pemacu semangatnya dalam membangun. Apalagi menurutnya, banyak sikap positif yang bisa diteladani dari pahlawan bangsa ini.

"Jadi ziarah ini tidak hanya seremonial, tetapi menjadi suatu ruh dalam membangun Negeri kita agar menjadi lebih baik lagi," singkat Anis Matta.

Sementara itu, Herlini Amran, Anggota DPR RI asal Wilayah Pemilihan Kepri, Pulau Penyengat dalam mendampingi Presiden PKS mengutarakan, "Kebetulan kunjungan bapak anis mata ini bertepatan dengan jadwal reses di DPR, alhamdulillah saya bisa turun dalam rombongan beliau selama kurang lebih 2 hari kedepan," ungkapnya.

Herlini melanjutkan, Ust anis akan melakukan berapa aktifitas di Kepri ini seperti akan ziarah ke makam leluhur Raja Ali haji, bertemu dengan tokoh masyarakat Se kepri, silaturahim dengan masyarakat bugis, silaturahim seluruh kader PKS Kepri.





(Sumber : DPP PKS)
Share on Google Plus

About PeKaeS Makassar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar