Agam dan 50 Kota Tandatangani Perjanjian Pengelolaan Tempat Pemrosesan Akhir Sampah

Makassar, PKSMakassar.or.id -- Permasalahan sampah yang dihadapi dewasa ini adalah semakin banyaknya limbah sampah yang dihasilkan oleh masyarakat. Kemudian dengan kurangnya tempat sebagai pembuangan sampah akan berkembang dan akan menjadi sumber polusi dan pencemaran air, udara dan tanah, sehingga membahayakan kesehatan masyarakat nantinya.

Bertempat di Gubernuran, Jumat pagi (11/4), Gubernur Sumbar hadiri penandatanganan perjanjian kerjasama antara pemprov sumbar dengan pemkab 50 kota dan agam tentang pengelolaan tempat pemrosesan akhir (TPA) sampah regional provinsi sumbar. Acara ini juga dihadiri oleh Bupati 50 Kota Alis Marajo dan Wabup agam Irwan Fikri serta Kepala Biro Pemerintahan Prov. Sumbar Syafrizal.

Sumbar memiliki 3 TPA, yaitu Payakumbuh, kota solok dan Padang Pariaman. Untuk Payakumbuh diperuntukan bagi Kab. 50 kota, agam, tanah datar dan kota bukittinggi, padang panjang serta payakumbuh. Adapaun untuk di kota solok yaitu kab. solok, solok selatan, sijunjung, dharmasraya, kota sawahlunto dan kota solok sendiri. Padang Pariaman yaitu Padang dan Padang Pariaman.

Sampai sekarang baru TPA regional payakumbuh yang siap beroperasi, dan baru bukittinggi dan payakumbuh yang telah memproses sampah ke TPA tersebut. Dengan bertambahnya 2 kabupten lagi maka kedepannya proses TPA bisa menjadi efektif, dan sampah bisa diolah menjadi hasil listrik dan pupuk organik yang bermanfaat kembali untuk masyarakat.

Irwan Prayitno juga menyampaikan "peran serta pemerintah dalam mengelola sampah di wilayahnya saat ini menjadi sangat penting guna mereduksi jumlah sampah yang dari tahun ke tahun mengalami peningkatan, maka dengan itu saya menghimbau bupati/walikota ikut terlibat dalam pelaksanaan program ini, baik rencana, program dan pelaksanaan kegiatan yang terpadu, efektif dan efisien". Ujaranya

Sumber : HUMAS SUMBAR
Share on Google Plus

About PeKaeS Makassar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar