BPK Akses On-Line Seluruh Transaksi Kas Pemerintah Provinsi / Kabupaten / Kota se-Sumatera Barat pada Bank Nagari

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia melakukan penandatangan MoU kesepakatan bersama tentang akses data transaksi rekening pemerintah provinsi/ kabupaten/kota se Sumatera Barat secara on-line pada PT Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sumatera Barat (Bank Nagari) dalam rangka pengelolaan dan tanggungjawab keuangan daerah, di Auditorium kantor Pusat BPK Jakarta, Senin (1/4).

Hadir dalam kesempatan tersebut, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, Ketua BPK RI Drs. Hadi Poernomo Ak, Wakil Ketua BPK Hasan Bisri,SE, BPK Sumbar Betty Ratna Nuraeny,SH, Direktur Bank Nagari H. Suryadi Asmi, SE,MM, bupati/walikota se Sumatera Barat, para anggota BPK dan pejabat dilingkungan BPK RI.

Gubernur Irwan Prayitno dalam sambutannya menyampaikan, kesepakatan bersama ini dimaksudkan utnuk memungkinkan BPK mengakses secara on-line seluruh transaksi kas pemerintah daerah " Riil Time " yang ada pada Bank Nagari. Hal ini merupakan salah satu implementasi e-audit BPK pada pemerintah daerah, sesuai dengan pasal 10 huruf a dan huruf b Undang-undang Nomor 15 tahun 2004 tentang Pemeriksaan pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara dan ketentuan pasal 9 ayat (1) huruf b Undang-undang Nomor 15 tahun 2006 tentang Badan Pemeriksaan Keuangan.

Kedua undang-undang tersebut mengatur BPK memiliki kewenangan untuk meminta dokumen yang wajib diberikan setiap orang serta mengakses data dalam rangka pemeriksaan atas pengelolaan dan tanggung jawab keuangan Negara. Selain itu pasal 6 ayat (2) huruf c, pasal 10 dan pasal 31 Undang-Udang Nomor 17 tahun 2003 tentang keuangan Negara, mengatur bahwa Gubernur mempunyai tugas utnuk menyusun dan menyampaikan laporan keuangan pemerintah daerah untuk diperiksa oleh BPK.
Ruang lingkup kesepatan bersama ini meliputi pelaksanaan akses data transaksi rekening pemerinath daerah dimaksud secara on-line pada Bank Nagari dalam rangka pemeriksaan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan Negara yang efisen dan transparan, ungkapnya.

Irwan Prayitno juga menyampaikan, hal ini juga merupakan komitmen bersama Gubernur/Bupati/ Walikota dalam perwujudan WTP di Provinsi Sumatera Barat dalam mewujudkan pemerintahan yang baik ( good governance ) dan pemerintahan bersih ( clean government). Sesuai dengan penandatangan kesepakatan bersama Data Transaksi Keuangan Daerah online secara keseluruhan, Gubernur/ Bupati/ Walikota se Sumatera Barat pada tanggal 23 Oktober 2012 di padang yang juga dihadiri Ketua BPK RI.

Penandatangan kesempatan bersama ini sangat penting karena melalui kesepakatan bersama ini akan tercipta “ e-audit financial tracking “ yang akan memberikan manfaat bagi pemerintah provinsi / kabupaten/ kota se Sumatera Barat serta Bank Nagari. Manfaat lain juga bagi pemerintah daerah antara lain mencegah secara dini anomali/ penyimpangan transaksi kas pemerintah daerah dan mempercepat proses penyelesaian tindak lanjut hasil pemeriksaan BPK, sehingga mendorong tranparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan pemerintah daerah. Kedua meningkatkan kehatian-hatian aparatur karena merasa terus diawasi. Ketiga menjadikan pekerjaan auditor lebih praktis dan efisen. Keempat mengurangi waktu SKPD melayani keperluan data auditor dan bagi Bank Nagari akses on-line dapat digunakan untuk mendorong pengembangan cash Management System (CMS) yang terintegrasi dengan system Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah (SIPKD) pemerintah daerah, ungkapnya.

Ketua BPK RI Hadi Poernomo dalam sambutanya menyampaikan, apa-apa yang telah disampaikan oleh Gubernur Sumatera Barat merupakan sesuatu yang telah lengkap dan semua itu patut kita dorong dalam pelaksanaan yang baik dilapangan .

Karena dalam kesempatan ini kita mengingatkan saja penyimpangan itu terjadai karena ada niat dan ada kesempatan . Jika niat ada dalam hati-hati masing-masing BPK tidak bisa tahu, akan tetapi yang dapat dilakukan BPK hanya bagaimana menghilangkan kesempatan melalui penguatan system, katanya. 


sumber : PKS SUMBAR 
Share on Google Plus

About PeKaeS Makassar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar