Dari Kejurnas Paralayang Series I 2014 , ATLET YUNIOR PAYAKUMBUH SELAMATKAN MUKA SUMBAR


PKSMAKASSAR.OR.ID, Payakumbuh -- Nama Sumatera Barat terselamatkan dalam Kejurnas Paralayang Series I/2014, yang berlangsung di Bukik Langkisau, Kabupaten Pesisir Selatan, dan berakhir Minggu (20/4). Satu-satunya gelar juara pertama yang direbut atlet paralayang Sumatera Barat dalam kejurnas ini, diraih oleh Riani Kusuma Kembari, asal Kota Payakumbuh.

Riani, 23 tahun, atlet paralayang asuhan Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) Payakumbuh, merebut gelar juara pada nomor ketepatan mendarat puteri yunior. Mahasiswi UPI Padang ini, mendarat dengan mulus setelah terbang dari atas bukit dengan ketinggian 240 meter. Riani membuyarkan harapan atlet dari Jabar, DKI, Jateng, Kaltim, Riau dan Jatim dalam perlombaan itu.

Pelatih merangkap ofisial rombongan FASI Payakumbuh, Erwin Nauli Harahap, di Balaikota Payakumbuh, Rabu (23/4), menginformasikan, dalam kejurnas ini Payakumbuh mengirim 9 atlet paralayang, masing-masing 5 putera dan 4 puteri. Dari 9 atlet yang bertarung, hanya Riani sendiri merebut gelar bergengsi. Sedangkan, atlet puteri lainnya, Rina Ningrum, harus puas merebut gelar juara harapan pertama, dalam nomor ketepatan mendarat senior puteri.

Tujuh atlet lainnya, sebut Erwin, meski gagal masuk 10 besar, tapi prestasi mereka cukup membanggakan. Mereka tampil tak memalukan atau tidak berada pada posisi paling buncit.

“Kita senang dan cukup bangga, dengan catatan prestasi yang diukir anak-anak,” kata Erwin dengan wajah berseri-seri. Pasalnya, dalam kejurnas itu, atlet paralayang Payakumbuh tampil dengan alat pinjaman dari daerah lain. Diakui Erwin, tak pantas anak-anak tampil dengan alat pinjaman itu. Tapi, karena semangat atlet yang begitu tinggi, untuk mendapatkan pengalaman bertanding, makanya rasa malu tersebut hilang dengan sendirinya.

Harapan Erwin, keterbatasan fasilitas latihan ini, seyogianya menjadi perhatian bagi KONI atau Pemko Payakumbuh. Menurutnya, Kejurnas Paralayang Series II/2014, akan berlangsung di Manado, Sulut, 19 September 2014. “Kita optimis, jika alat-alat latihan, seperti parasut, arnes, payung cadangan dan GPS tersedia, prestasi atlet paralayang Payakumbuh tidak akan kalah dengan atlet nasional,” tegas Erwin.

Menurut Erwin, ke-9 atletnya itu, akan membela bendera Payakumbuh pada Porprov Sumatera Barat XIII/2014 di Dharmasraya, Desember mendatang. Ia memprediksi, seluruh atlet tersebut akan mampu mendulang medali dalam Porprov nanti. Dua perak yang direbut pada Porprov Sumbar XII/2012 di Limapuluh Kota, akan disepuh menjadi emas, kata Erwin optimistis. [pkssumbar/pksmakassar]
Share on Google Plus

About PeKaeS Makassar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar