PERINGATI HARI KARTINI, PKN SINAYAN GELAR ACARA GST POLYBAG


PKSMAKASSAR, SINAYAN -- Memperingati Hari Kartini ke 135, ibu-ibu PKK Kelurahan Pakan Sinayan, Kecamatan Payakumbuh Barat, gelar acara Gerakan Seribu Tanaman (GST) dalam Polybag, di lapangan sepakbola kelurahan setempat, Selasa (22/4) sore. Kegiatan Gerakan Seribu Tanaman dalam Polybag ini dilaunching Ketua TP-PKK Payakumbuh Ny. Dr. Henny Riza Falepi didampingi Staf Ahli Walikota dr. Merry Yuliesday, Mars.

Ide cemerlang Gerakan Seribu Tanaman dalam Polybag digagas Kepala Kelurahan Pakan Sinayan Zaylendra bersama Ketua TP PKK Pakan Sinayan Ny. Henyria Zaylendra serta Ketua LPM Mulyadi. Saat meluncurkan program itu, hadir Kepala BPMP&KB Payakumbuh Drs. Harmayunis, Kepala Kantor Ketahanan Pangan Ir. Syahril dan Camat Payakumbuh Barat H. Nurdal, S.Sos.

Sebanyak 379 ibu-ibu PKK di Kelurahan Pakan Sinayan, masing-masingnya menerima lima kantong polybag dan sejumlah bibit tanaman holtikultura, seperti biji cabe, pare, buncih, bayam, kangkung, tomat, terung, beserta pupuk kandang.

Ketua TP TPP PKK Ny. Henny dalam sambutannya, mengaku senang dan bangga dengan semangat kader PKK Pakan Sinayan memanfaatkan tanah pekarangannya. Ide kreatif tersebut, seyogianya diteladani oleh kadera PKK kelurahan lainnya di Payakumbuh. Menurutnya, Gerakan Seribu Tanaman di Polybag di Pakan Sinayan, mudah-mudahan menjadi model dan mampu memberikan keuntungan bagi masyarakat.

Senada dengan Ketua TP PKK, Staf Ahli Walikota Merry Yuliesday yang berhadir mewakili Walikota Payakumbuh, pada kesempatan tersebut juga mengapresiasi masyarakat Kelurahan Pakan Sinayan. Menurut Merry Yuliesday, menanam tananam keperluan rumah tangga dan dapur ini akan dapat mengurangi pengeluaran keuangan rumah tangga. Selain itu tanaman polybag ini juga bisa menjadi sumber pendapatan ekonomi jika dikelola dengan serius.

Lebih lanjut Zaylendra menyampaikan Gerakan Seribu Tanaman dalam Polybag ini akan dievaluasi dalam satu atau dua bulan ke depan. Jika gerakan ini sukses terlaksana maka Kelurahan Pakan Sinayan juga akan menggagas sebuah gerakan baru yaitu gerakan menanam tanaman bernilai ekonomi pada tong. Direncanakan jika gerakan ini dilaunching nantinya akan diserahkan bantuan tong drum beserta bibit khusus kepada 50 KK penerima bantuan raskin. [pkssumbar/pksmakassar]
Share on Google Plus

About PeKaeS Makassar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar