Suara Aman, PKS Kembali Dapat 4 Kursi DPRD Batam


Komisi Pemilihan Umum Kota Batam Kepulauan Riau akhirnya menyelesaikan perbaikan rekapitulasi suara hasil Pemilu dalam rapat pleno yang dilaksanakan di Tanjungpinang, Selasa (29/4). Setelah terjadi perdebatan dan skorsing beberapa kali saat dilakukan rapat sinkronisasi data hasil rekapitulasi KPU Batam dengan sejumlah saksi partai politik dan DPD RI, akhirnya Panwaslu Kota Batam mengeluarkan rekomendasi untuk dilakukan perbaikan rekapitulasi hasil penghitungan suara.

Dari hasil perbaikan tersebut PKS kembali mendapat 4 kursi untuk DPRD Kota Batam. Jumlah perolehan ini sama dengan perolehan pada Pemilu 2009 silam.

"Alhamdulillah suara kami kembali dan PKS dapat empat kursi di DPRD Batam, kalau dari perolehan suara berdasarkan rekapitulasi KPU sebelumnya kami hanya dapat satu kursi," kata saksi PKS, Fauzi.

Dalam perbaikan rekapitulasi hasil penghitungan suara di lima daerah pemilihan di Batam, perolehan suara caleg dan partai banyak yang berubah dari data yang dimiliki KPU di beberapa daerah pemilihan, namun sama dengan data yang dimiliki saksi serta Panwaslu Batam.

Sementara saksi dari Partai Golkar, Tibrani mengatakan pihaknya mendukung apa yang dilakukan KPU Batam sejauh itu sesuai aturan.

"Kami dari Partai Golkar dari dulu mengarahkan KPU berpedoman kepada PKPU 027 tahun 2013 tentang Tata Cara Rekapitulasi Hasil Perhitungan Suara Ditingkat PPS, PPK, KPU kota/kabupaten dan Provinsi. Sebelum KPU Provinsi menerima laporan hasil rekapitulasi penghitungan dari KPU kabupaten/kota maka perbaikan itu masih bisa dilakukan," ujar Tibrani.

Mengenai rekomendasi yang dilakukan Panwaslu menurut Tibrani sudah sesuai karena Panwaslu punya hak untuk meluruskan.

"Suara Golkar tidak ada yang hilang, namun kursi Golkar terancam karena ada pembengkakan suara partai lain, serta mengancam posisi pimpinan DPRD baik kota maupun provinsi," ujar Tibrani.[dm/antarakepri/pksnongsa/pksmakassar]
Share on Google Plus

About PeKaeS Makassar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar