Gagas Perda Anti Rokok Sri Rahmi Mendapat Penghargaan Tokoh Pendorong Kemajuan Sulsel

Makassar - Legislator perempuan PKS Sulawesi Selatan, Sri Rahmi mendapatkan award dari Harian Berita Kota Makassar (BKM) sebagai tokoh pendorong kemajuan di Sulsel. Award itu diberikan dalam rangka ulang tahun BKM yang ke 17 di hotel Grand Clarion, (17/10).

Salah satu alasan BKM memberikan award kepada Sri Rahmi adalah srikandi PKS Sulsel itu salah satu penggagas perda Kawasan Tanpa Rokok di Kota Makassar. Dengan perda KTR itu, Makassar menjadi satu-satunya kota yang mempunyai perda Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di Sulawesi Selatan.

Sri Rahmi bersama beberapa politisi perempuan lain memperjuangkan gagasan perda tersebut sewaktu menjabat sebagai legislator di DPRD Kota Makassar, bukan hal mudah bagi ibu dari enam anak ini ketika memperjuangkan perda tersebut karena gagasan itu banyak ditentang oleh legislator laki-laki yang merokok.

Dalam proses penyusunan regulasi KTR, Sri Rahmi awalnya merangkul para legislator perempuan di DPRD Kota Makassar dan legislator lain yang tidak merokok. "Ada alasan mengapa kami tak tahan berlama-lama di ruang rapat, asap rokok yang mengepul membuat kami legislator perempuan dan legislator lain yang tidak merokok menjadi perokok pasif, dari sini saya mulai berpikir merangkul teman-teman dewan untuk melahirkan perda KTR," ungkap Sri Rahmi.

Apa yang diperjuangkan oleh Sri Rahmi sudah menampakkan perkembangan positif, ruang rapat di kantor DPRD Makassar mulai menjadi percontohan KTR kendati tidak semua ruangan terbebas dari asap rokok.

"Lumayan sudah ada dampak positif dari perda ini, khususnya di kantor DPRD Makassar, teman-teman yang perokok mulai menghargai kami dengan tidak merokok di dalam ruang komisi khususnya dalam kondisi rapat, mudah-mudahan institusi lain bisa mengikut," lanjut Sri Rahmi.

Sri Rahmi menjabat sebagai legislator DPRD Kota Makassar selama dua periode, untuk periode 2014-2019 Sri Rahmi naik tingkat dengan menjabat sebagai legislator DPRD Sulsel. Akankah Sri Rahmi akan memperjuangkan KTR di tingkat provinsi?
Share on Google Plus

About PeKaeS Makassar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar