DPRD Sumut: Tindak Tegas Oknum yang Menyalahgunakan Gas Elpiji


PKS Makassar, MEDAN – Kelangkaan Bahan Bakar Minyak dan Gas (BBM) belakangan ini sejak akhir tahun 2014 telah membuat sejumlah masyarakat resah dan mengeluhkan aspirasinya ke berbagai anggota dewan di tingkat kota/kabupaten maupun provinsi. Banyaknya dugaan laporan penggelapan dan penimbunan BBM oleh sejumlah oknum ini menjadi pembahasan utama anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara khususnya Komisi B yang membidangi masalah ini.

Komisi B menggelar rapat dengar pendapat (RDP) dengan General Manager Pemasaran BBM Retail Region I Medan dan PT di Gedung DPRD Sumut, Selasa (6/1).

Dalam rapat yang dihadiri oleh seluruh anggota komisi B dan perwakilan pihak Pertamina dan PT Tomimaru menghasilkan beberapa poin utama yang harus segera ditindaklanjuti oleh Pertamina sebagai operator penyedia BBM yang telah dipercaya oleh pemerintah. Terkait hal tersebut, beberapa anggota komisi B juga memiliki beberapa data dan bukti yang diambil selama Kunjungan Kerja (Kunker) anggota dewan pada 13 November 2014 lalu di Tanjung Balai. Anggota komisi B menemukan beberapa kejanggalan yang terjadi di PT Tomimaru yang bertugas sebagai distributor gas LPG di wilayah Tanjung Balai.

Diakui oleh Indra Alamsyah, Sekretaris Komisi B DPRD Sumut, bahwa Kunker beberapa waktu lalu telah mencatat beberapa penemuan mengejutkan tentang penambahan lempeng logam pada tabung gas LPG 3 kg.

Hal senada juga diakui Wakil Ketua Komisi B Ikrimah Hamidy, ST. M.Si dalam rapat tersebut. Ikrimah mengatakan bahwa telah terjadi penambahan lempeng logam yang semula berat normal 5 kg menjadi 5,4 kg dan 5,6 kg. “Selain itu kami juga menemukan pengurangan isi tabung gas LPG hingga 3-5% dari berat normal yang ada”, tambah Ikrimah Hamidy yang berasal dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Untuk itu, komisi B sepakat untuk mendesak kepada Pertamina dan pihak-pihak terkait penyedia gas LPG agar menindak semua SPBE yang menyalahi ketentuan serta melakukan pengawasan dan monitoring secara berkala. Sehingga tidak akan merugikan masyarakat yang menggunakannya. [adr/pkssumut]
Share on Google Plus

About Mutiah Arsyuddin

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar