Akmal Pasluddin Raih Doktor Dengan Sangat Memuaskan



PKS Makassar, Makassar - Ketua DPW PKS Sulsel, Andi Akmal Pasluddin, mengikuti ujian promosi Doktor pada hari Senin (4/6) di Aula PPs UNM Makassar. Ujian tersebut untuk mencapai gelar doktor di bidang Sosiologi. Mengangkat judul Perilaku Politik Pemilih, Akmal yang juga anggota DPR RI ini membahas tentang hubungan komunikasi politik dan perilaku pemilih konstituen PKS di Kota Makassar dan Kabupaten Bulukumba.

Pada hasil penelitiannya, Akmal menunjukkan kecenderungan tipologi pemilih di Kota Makassar didominasi oleh pemilih rasional dan pemilih kritis, "sedangkan pemilih di Kabupaten Bulukumba cenderung pemilih tradisional yang diakibatkan oleh kondisi geografis dan karakteristik masyarakat yang cenderung homogen," papar Akmal.

Dalam disertasinya, Andi Akmal, menyarankan agar parpol dapat melakukan pendidikan politik agar perilaku pemilih yang tidak rasional dapat dieliminir di era demokratisasi. Parpol pun diharapkan dapat mengimplementasikan pola komunikasi yang santun, konstruktif dan egaliter.

Dari hasil ujian, Prof. Dr. H. Arismunandar yang memimpin jalannya sidang mengumumkan hasil sangat memuaskan bagi Andi Akmal Pasluddin. Akmal dinyatakan lulus dengan indeks prestasi 3,77. Akmal menjadi doktor ke 326 di UNM.

Disertasi Akmal Pasluddin ini juga mendapat apresiasi dari legislator DPR RI Fraksi PAN, Indira Cunda Thita Syahrul Yasin Limpo, menurut putri SYL itu bahwa disertasi Andi Akmal sangat luar biasa. "Luar biasa, pak Akmal ini sudah matang dalam politik, terjun ke lapangan langsung, sudah mengerti kriteria masyarakat," ungkap Thita. "Pokoknya salut dengan pak Akmal," lanjut Thita.

Hadir pada kesempatan itu legislator DPR RI dari Fraksi PAN, Indira Cunda Thita SYL, Legislator Gerindra, Azikin Sulthon dan beberapa legislator dari DPRD Sulsel dan Makassar. [ms/pksmakassar]
Share on Google Plus

About Mutiah Arsyuddin

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar